Pengunjung

Senin, 16 Mei 2011

5 Stadion Megah Di Dunia

Sepak bola tak bisa dipisahkan dengan dengan stadion. Stadion merupakan bagian terpenting dalam olahraga ini. Klub-klub sepak bola besar dan terkenal identik dengan stadion yang menjadi home base mereka. Bahkan sebuah stadion pun mennjadi image sebuah kota.

Setiap penyelenggaraan suatu turnamen sepak bola seperti Piala Dunia, Piala Eropa ata Piala Asia, selalu menitik beratkan terhadap fasilitas yang satu ini disamping infrastruktur pendukung kota yang lain nya seperti Transportasi, akomodasi dan lainnya. Tanpa stadion yang sesuai standar tidak mungkin suatu kota dapat terpilih menjadi host suatu turnamen.

Bagaimana dengan stadion di Indonesia? Sesuatu yang sulit untuk di jawab. Fasilitas yang kurang bahkan minus dengan alasan klasik yaitu dana. Para penonton sepak bola tidak dapat menikmati pertandingan yang mengakibat permainan di lapangan pun menjadi membosan kan karena kualitas lapangan dan stadion yang memprihatinkan. Bahkan lebih asyik menonton di televisi dibandingkan di stadion langsung. Bukan karena apa melainkan karena tidak aman nya bila menonton di stadion. Di dalam stadion swaktu-waktu bias terjadi kerusuhan yang disebabkan ulah penonton sendiri yang tidak sportif. Semoga di Indonesia ada stadion-stadion baru yang dapat mengacu pada stadion-stadion terkenal di dunia.
Berikut ini beberapa profil stadion sepak bola terkenal di dunia
1. Beijing National Stadium, Beijing

Beijing National Stadium atau biasa disebut Bird’s Nest (sarang Burung) merupakan stadion fenomenal dengan arsitektur yang paling rumit. Berkapasitas 80 ribu tempat duduk, diresmikan menjelang Olimpiade Beijing 2008.

Lihatlah bentuk stadionnya dari luar, tak salah jika orang lebih banyak mengenalnya sebagai sarang burung raksasa. Stadion ini berada di kompleks Olimpiade Beijing, dan didesain oleh Herzog dan de Meuron yang memenangkan lomba desain stadion untuk Olimpiade Beijing pada 2001. Herzog dan de Meuron berkolaborasi dengan desainer local China Ai Weiwei. Konstruksi awal stadion ini diperkirakan menghabiskan biaya 3.89 miliar yuan, tetapi karena biaya yang terlalu besar maka stadion ini didesain ulang pada 2004 seperti bentuknya sekarang sehingga hanya menelan 2,3 miliar yuan untuk pembangunannya.









2. Rungrado May Day Stadium, Pyöngyang

Stadion sepak bola terbesar di dunia ternyata ada di benua Asia, bukan di China atau pun India dengan penduduk terbesar di dunia, tapi berada di Pyöngyang, Korea utara sebuah Negara yang di embargo oleh dunia internasional. Walaupun demikian Korea Utara mempuyai suatu kebanggaan dengan memiliki stadion sepak bola terbesar di dunia hingga saat ini. Karena diresmikan 1 Mei 1989, maka stadion ini diberi nama Rungrado May Day Stadium atau Rŭngrado May First Stadium. Rungrado May Day Stadium berkapistas 150 ribu penonton. Nama Rungrado berasal dari Pulau Rungra di Sungai Taedong. Total luas lantai di stadion ini mencapai 207.000 m² sedangkan tinggi atap 60 meter dari tanah.







3. New Wembley Stadium, London

Stadion terbesar di Inggris Raya ini telah beberapa kali mengalami renovasi. New Wembley Stadium yang nama lama nya adalah Wembley Stadium merupakan stadion keramat bagi Inggris dan hanya di mainkan untuk partai-partai penting saja seperti Final FA Cup dan pertandingan tim nasional Inggris sendiri. Bahkan sekarang semifinal FA Cup juga dilangsungkan disini.

New Wembley Stadium berkapsitas 90 ribu kursi dan terbesar setelah Camp Nou untuk kawasan Eropa. Stadion ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya seperti sarana olahraga lainnya, toko-toko merchandise, café dan restoran layak nya sebuah pusat perbelanjaan. Sekarang New Wembley Stadium telah menjadi ikon baru kota London yang akan menjadi host Olimpiade. Sebuah busur yang menjulang tinggi menjadi ciri khas New Wembley Stadium.









4. Allianz Arena, Munchen

Inilah stadion terindah dan canggih yang ada saat ini, Allianz Arena. Diresmikan 30 Mei 2005 dengan partai perdana antara TSV 1860 München-1.FC Nürnberg. Stadion ini adalah home base FC Bayern München dan TSV 1860 München. Jika FC Bayern München menjadi tuan rumah maka stadion ini akan berwarna merah, sebalik nya jika TSV 1860 München bermain akan berwarna biru. Serta akan berwarna putih ketika timnas Jerman bermain disana. Sungguh terknologi Jerman yang sangat canggih.










5. Seoul World Cup Stadium, Seoul

Seoul World Cup Stadium berkapasitas 64.000 penonton adalah venue pembukaan Piala Dunia 2002. Diresmikan pada November 2001 dengan alamat 515 Seongsan-dong, Mapo-gu, Seoul, Korea. Stadion ini di lengkapi dengan berbagai fasilitas public yang lengkap seperti pusat perbelanjaan dan restoran.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar